Senin, 26 April 2010

PENGEMBANGAN ANAK

Pengembangan Anak Prasekolah
Anak-anak prasekolah
Tiga tahun dan anak-anak berusia empat yang sering disebut anak-anak prasekolah. Mengelola anak membuat langkah perkembangan dan mengungkapkan suatu kepentingan dunia di sekitar mereka.
Mereka ingin sentuhan , rasa , bau , mendengar , dan hal-hal tes untuk diri mereka sendiri. Mereka bersemangat untuk belajar. Mereka belajar dengan mengalami dan dengan melakukan. Prasekolah belajar dari permainan mereka. Mereka sibuk mengembangkan keterampilan, menggunakan bahasa, dan berjuang untuk mendapatkan kontrol batin .
Anak-anak prasekolah ingin membangun diri mereka sebagai yang terpisah dari orang tua mereka. Mereka lebih independen dari balita. Mereka dapat mengekspresikan kebutuhan mereka karena mereka memiliki perintah yang lebih besar dari lan-guage.

Ketakutan sering mengembangkan selama tahun-tahun prasekolah. ketakutan umum termasuk tempat-tempat baru dan pengalaman dan terpisah dari orang tua dan orang penting lainnya. Anda dapat mengharapkan anak prasekolah untuk menguji Anda lagi dan lagi, untuk menggunakan senonoh dan kata-kata terlarang lainnya, dan bertindak sangat konyol. Prasekolah mungkin masih mengalami kesulitan bergaul dengan anak-anak lain, dan berbagi mungkin masih sulit. Karena mengembangkan imajinasi mereka dan fantasi hidup kaya, mereka mungkin memiliki masalah mengatakan fantasi dari kenyataan. Mereka juga bisa berbicara tentang teman imajiner. Anak-anak prasekolah perlu aturan yang jelas dan sederhana sehingga mereka mengetahui batas-batas perilaku yang dapat diterima.

Memahami pertumbuhan dan perkembangan akan membantu Anda membimbing anak-anak prasekolah melalui tahap ini. Lembar fakta ini daftar beberapa karakteristik anak prasekolah. Ciri ini terdaftar untuk tiga bidang utama: fisik (badan), sosial (bergaul dengan orang lain) dan emosional (perasaan), dan intelektual (berpikir dan bahasa) pembangunan. Ingat bahwa semua anak-anak prasekolah berbeda dan mencapai berbagai tahap pada waktu yang berbeda.
PENGEMBANGAN FISIK
TIGA TAHUN-LAMA-ANAK
• Mereka berjalan pada ujung jari kaki.
• Mereka berdiri pada satu kaki.
• Mereka melompat horizontal.
• Mereka naik sebuah sepeda roda tiga.
• Mereka membangun menara dari 6-9 blok.
• Mereka menangkap bola.
• Mereka noda atau cat memulaskan. Mereka menggambar atau melukis di vertikal, horisontal, dan gerakan melingkar.
• Mereka dapat menangani benda-benda kecil (seperti teka-teki, pegboards, dan set lantai dr kayu yg bergambar).
• Mereka tumbuh sekitar 3 inci lebih tinggi dalam setahun.
EMPAT TAHUN-LAMA-ANAK
• Mereka memiliki kontrol otot yang lebih kecil. Mereka dapat membuat gambar representasional (misalnya, gambar rumah, orang, dan bunga).
• Mereka berjalan pada ujung jari kaki.
• Mereka melompat dengan satu kaki.
• Mereka lari kencang.
• Mereka mulai melompat.
• Mereka melempar bola overhand.
• Mereka memompa diri di ayunan.
• Mereka seperti unzip, unsnapping, dan membuka kancing baju.
• Mereka berpakaian sendiri.
• Mereka dapat memotong pada garis dengan gunting.
• Mereka seperti mengikat tali sepatu sendiri (tetapi tidak mengikat).
• Mereka dapat membuat desain dan menulis surat mentah.
• Mereka sangat aktif dan agresif dalam permainan mereka.

SOSIAL DAN EMOSIONAL PENGEMBANGAN
TIGA TAHUN-LAMA-ANAK
• Mereka menikmati bermain drama dengan anak lain.
• Mereka mulai belajar untuk berbagi.
• Mereka perlu tahu dan konsisten aturan yang jelas dan apa akibatnya bagi mereka yang melanggar.
• Emosi mereka biasanya ekstrim dan berumur pendek. Mereka perlu didorong untuk mengekspresikan perasaan mereka dengan kata-kata.

EMPAT TAHUN-LAMA-ANAK
• Mereka memiliki imajinasi yang sangat aktif.
• Mereka kadang-kadang punya teman khayalan.
• Mereka bisa agresif tapi ingin teman-teman dan menikmati bersama anak-anak lain.
• Mereka cenderung membual dan mau menang sendiri.
• Mereka belajar bergiliran dan untuk berbagi. Permainan dan aktivitas lain dapat membantu anak prasekolah belajar tentang bergiliran.
• Mereka suka berpura-pura menjadi orang dewasa yang penting (ibu, ayah, dokter, perawat, petugas polisi, tukang pos, dll).
• Mereka perlu merasa penting dan berharga.
• Mereka membutuhkan kesempatan untuk merasa lebih banyak kebebasan dan kemerdekaan.
• Mereka menghargai pujian atas prestasi mereka.

PENGEMBANGAN INTELEKTUAL
TIGA TAHUN-LAMA-ANAK
• Mereka dapat berkomunikasi kebutuhan mereka, ide-ide, dan pertanyaan.
• rentang perhatian mereka sedikit lebih lama sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam kegiatan kelompok.
• Mengelola anak-anak belajar paling baik dengan melakukan. Mereka membutuhkan berbagai kegiatan. Mereka membutuhkan ruang indoor dan outdoor. Mereka membutuhkan keseimbangan antara bermain aktif dan tenang.

EMPAT TAHUN-LAMA-ANAK
• Mereka sangat cerewet.
• Mereka menikmati diskusi serius.
• Mereka mengajukan banyak pertanyaan, termasuk "bagaimana" dan "mengapa" pertanyaan.
• Bahasa mereka termasuk kata-kata bodoh dan tidak senonoh.
• klasifikasi mereka keterampilan dan kemampuan penalaran yang berkembang.
• Mereka harus memahami beberapa konsep dasar seperti nomor, ukuran, berat, warna, tekstur, jarak, waktu, dan posisi.

KEGIATAN UNTUK MENCOBA
TIGA TAHUN-LAMA-ANAK
• Anak-anak prasekolah memerlukan waktu untuk memanjat, melompat, dan naik sepeda roda tiga.
• Biarkan mereka bermain dengan blok berbagai ukuran dan bentuk.
• Minta mereka bermain dengan mainan yang memiliki bagian-bagian kecil (seperti pegboards dan teka-teki).
• Ajarkan mereka untuk pakaian dan pakaian sendiri.
• Minta mereka membantu dengan pekerjaan rumah tangga seperti pengaturan dan membersihkan meja dan tanaman air.
• Menyediakan mainan rumah tangga.
• Mendorong mereka untuk menghitung benda-benda rumah tangga seperti Anda melakukan tugas-tugas rumah tangga (misalnya, menghitung sendok, gelas, dll yang Anda menata meja).
• Baca cerita untuk mereka.
• Nyanyikan lagu dan minta mereka membuat lagu sendiri.
• Mendorong mereka untuk menari dan pindah ke musik.
• Jawaban bagaimana mereka "" dan "mengapa" pertanyaan jujur. Mencari jawaban atas 'pertanyaan anak-anak prasekolah di buku referensi dengan mereka.
• Menyediakan cat, krayon, kapur tulis, pensil warna, bahan kolase, dan memutar adonan untuk anak prasekolah untuk digunakan.

EMPAT TAHUN-LAMA-ANAK
• Ambil bermain anak-anak prasekolah di luar.
• Biarkan mereka uji rasa keseimbangan dengan berjalan di atas garis lurus, garis lengkung, dan balok keseimbangan rendah.
• Menyediakan kegiatan di mana anak-anak prasekolah semacam objek (seperti tombol atau biji) sesuai dengan karakteristik mereka.
• Minta mereka untuk mengarang cerita atau membentuk berakhir untuk sebuah cerita.
• Bantu mereka campuran cat untuk membuat warna baru.
• Kunjungi tempat-tempat dalam komunitas yang menarik bagi mereka (misalnya, stasiun kebakaran atau perpustakaan selama jam cerita atau musik).
• Bantu mereka mendirikan toko bermain, peternakan, atau desa.
• Bantu mereka bibit tanaman dan merawat mereka.
• Sediakan kotak gaun-up pakaian untuk sudut bermain. (Lihat bagaimana anak-anak bermain dengan pakaian-pakaian ini.. Mereka bisa meniru orang yang mereka kenal Anda dapat belajar banyak tentang anak-anak dengan menonton mereka bermain.)
• Membuat tas boneka kertas. Kemudian memiliki wayang dengan anak-anak. Anak-anak sering mengungkapkan perasaan mereka melalui jenis bermain.
• Bermain game papan sederhana dengan mereka.

MENGENAL ANAK USIA PRASEKOLAH
Pada usia 3 tahun anak mampu melakukan berbagai gerakan seperti berlari , melempar. Orangtua maupun guru perlu memberikan kesempatan bebagai kegiatan yang aman bagi mereka.Anak2 yang berusia 4-5 tahun meskipun sdh mampu duduk diam ump kalau mendengar cerita,mereka tetap masih membutuhkan latihan gerakan sehingga anak-anak ini tdk terlalu banyak duduk.
Dalam merancang pendidikan untuk anak , sebaiknya para orangtua tdk perlu banyak menuntut diluar kemampuan anak.Anak-anak prasekolah belum mahir melakukan gerakan yang disertai dengan aturan2.Mereka akan mengalami kesulitan untuk explorasi bila dipaksa mengikuti aturan2. Setiap hari anak2 membutuhkan kegiatan jasmani yang disertai dengan kebugaran dan aktivitas yang tinggi.Saat ini justeru ada kecenderungan anak lebih banyak pasif dan duduk diam di bangku sambil meneonton TV.
Beberapa tip yang berguna bagi para orangtua dan guru untuk perkembangan anak adalah sbb:
Pastikan bahwa anak mempunyai kesempatan bermain dengan bola dan alat2 yang merangsang anak untuk bergerak,Bola disediakan dari berbagai ukuran dan berat.melaui bermain dengan bola anak belajar bagaimana melempar,menangkap dan menendang. Untuk anak yang masih muda berikan alat yang dapat diletakkan di luar seperti jungkat-jungkit , tangga , perosotan dan terowongan.Sedangkan bagi anak yang lebih besar perlu diberikan papan keseimbangan dan berbagai alat untuk dipanjat. Pada saat anak berusia 5 tahun ,perlu diberikan kesempatan bermain lompat tali untuk melatih gerakan dan menjaga keseimbangan tubuh. banyak sekali kegiatan gerakan motorik halus untuk mengontrol otot , misalnya : menggambar , menggunting , menempel , menjahit dll.
Seorang anak yang berada pada tahapan sensori motor membutuhkan berbagai pengalaman dengan menyentuh , memegang , meraba , mencicipi dan melakukan explorasi . Cara anak melakukan explorasi seperti memukul-mukulkan mainan kelantai , mengoyang-goyangkan , menggelindingkan dan memasukkan mainan tsb kemulut . Tingkah laku explorasi adalah cara anak mengenal suatu benda atau mainan yang baru.
Berikan kepada anak sejumlah keping-keping dengan beraneka bentuk,ukuran dan warna.Doronglah anak untuk mengelompokkan keping2 tasb berdasarkan warna,ukuran dan bentuk.
Bahasa dan berpikir sangat berkaitan satu sama lain.Pemikir yang sedang dalam tahapan pra-operasional dapat didorong untuk melakukan diskusi berkaitan dengan pendapat masing2 anak.Dengan demikian cara berpikir egosentris sedikit demi sedikit dapat berkurang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 RIAN TASALIM PRANERS. All rights reserved.