Senin, 04 April 2011

Persentasi janin

Praesentasio atau presentasi ialah apa yang menjadi bagian yang terendah
Frekwensi bermacam-macam letak :
• Belakang kepala 95 %
• Sungsang 3,5 %
• Muka 0.5 %
• Lintang 0.5 %
Punggung kiri 2 x lebih sering dari punggung kanan. Yang pa;ing baik ialah presentasi belakang kepala, karena ukuran-ukuran terkecil dari kepala melalui jalan lahir. Yang paling berbahaya ialah letak lintang dan persentasi dahi. Kelainan letak seperti letak sungsangdan letak lintanglebih sering terdapat pada kehamilan yang belum lanjut. Sebab-sebab presentasi kepala yang terbanyak :
Pada akhir kehamilan bentuk rahim lonjong, ukuran atas bawah lebih panjangdari pada ukuran melintang. Hal tersebut disebabkan karena terbentuknya segmenbawah rahim. Fundus uteri lebih lebar dari bagian bawah rahim.
Air ketuban pada akhir kehamilan relatip sedikit, himgga dinding rahim mendekati badan anak dengan demikian bentuk rahimlebih mempengaruhi letak anak.
Akibatnya anak menyesuaikan diri (akomodasi) dengan bentuk rahim, maka karena itu :
1. Ukuran panjang anak akan sesuai dengan ukuran panjang rahim.
2. Bokong dengan tungkai bawah merupakan ujung yang lebih besar dari pada kepala, maka menempatkan diri di fundus uteri yang lebih lebar, sedangkan kepala di bagian bawah rahim yang lebih sempit.
Selain dari pada itu kalau kepala sudah dibawah sering terpegang oleh pintu atas panggul, sehingga presentasi tidak dapat berubah lagi.
Pada hamil yang belum lanjut maka bentuk rahim lebih bundar dan air ketuban relatif banyak, hingga pada kehamilan yang belum lanjut lebih sering terdapat kelainan letak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 RIAN TASALIM PRANERS. All rights reserved.